Kamis, 28 April 2011

Syarah Ushul 'Isyrin

Menyelami Samudera 20 Prinsip Hasan Al-Banna

Penerbit : Era Intermedia
Penulis : Abdullah Bin Qasim Al-Wasyli
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Halaman : 464 halaman
Cover : SC
Berat : - gr

Harga : Rp. 75.000,-
(Disc. 15%)



Sinopsis :

Dalam tradisi keilmuan zaman dahulu, setiap tokoh ulama biasanya membuat risalah-risalah kecil untuk disebarkan kepada masyarakat. Risalah-risalah ini sebagai kristalisasi dari ilmu pengetahuan yang dikuasai oleh sang tokoh, yang tidak mungkin dipaparkan secara panjang lebar dengan menyertakan dalil-dalilnya, untuk konsumsi masyarakat awam.

Sepeninggal mereka, dan seiring dengan kebutuhan masyarakat yang mulai meningkat wawasan pengetahuannya, para murid sang tokoh menyampaikan kembali risalah singkat gurunya, dengan syarah (penjelasan) panjang lebar dan penyertaan dalil-dalilnya, dengan ayat Al-Quran maupun hadits Nabi. Kita mengenal Alfiyah (seribu bait syair) dalam ilmu nafwu dan sharaf, ditulis oleh Syaikh Ibnu Aqil, yang lalu banyak disyarah oleh ulama kemudian.

Dalam fiqih, kita mengenal kitab Taqriib tulisan Syaikh Nawawi yang sangat ringkas tentang fiqih, pun tidak lepas dari tangan pensyarah. Dalam dunia akhlak kita mengenal Risalah Al-Mustarsyidin goresan pena Syaikh Al-Muhasibi, yang juga sangat padat memuat pesan-pesan tasawwuf yang kemudian disyarah oleh banyak tokoh yang hidup setelahnya.

Di dunia pergerakan Islam, kita mendapatkan salah satu “warisan” dari salah seorang tokohnya yang masyhur, Imam Syahid Hasan Al-Banna, berupa risalah yang amat ringkas tentang prinsip-prinsip Islam, yang harus diketahui oleh khalayak agar tidak keluar dari rel yang telah digariskan oleh Al-Quran, hadits, dan petunjuk salafusaleh.

Risalah ini, karena hanya terdiri dari 20 butir, dinamakan Al-Ushul Al-Isyrin (20 prinsip). Banyak sudah para tokoh yang membuat uraian panjang lebar tentang risalah ini, dan salah satunya yang cukup luas adalah apa yang ada di tangan pembaca kini. Dengan pemahamannya yang luas terhadap ilmu syariat dan pengalamannya yang dalam di dunia harakah dakwah, Ustadz Abdullah Qashim Al-Wasyili hadir dengan syarah 20 prinsip Hasan Al-Banna ini. Semoga Anda dapat ikut menyelami samuderanya.

===============================
Untuk Pemesanan Hub.
Via SMS ke 0856 84 64 125
atau
Email ke ibnu_abuhu@yahoo.co.id
===============================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar