Kamis, 26 Oktober 2017

Kisah Para Tabi'in

Penerbit : Ummul Qura
Penulis : Syaikh Abdul Mun’im Al-Hasyimi
Ukuran : 17 x 24 cm
Halaman : 910 halaman
Cover : HC
Berat : - gr

Harga : Rp. 169.000,-
(Disc. 15%)

 



Sinopsis :

Sesungguhnya, orang yang terbaik di antara kamu ialah yang hidup pada kurunku (sahabat), kemudian orang-orang yang hidup sesudah kurunku (tabi’in). (HR Muslim nomor 4603)

Keteladanan (uswah, qudwah) barangkali merupakan salah satu barang berharga yang makin langka bagi umat saat ini. Setelah Rasulullah SAW menyatakan para sahabat sebagai generasi terbaik, menyusul kemudian generasi tabi’in. Penggalan hadits di atas adalah salah satu bukti, yaitu rekomendasi Rasulullah akan kualitas para tabi’in.

Tabi’in adalah generasi muslim awal yang masa hidupnya setelah para sahabat Nabi dan tidak mengalami masa hidup Nabi Muhammad SAW. Usianya tentu lebih muda dari generasi sahabat, bahkan ada yang masih anak-anak atau remaja pada masa sahabat masih hidup. Singkatnya, mereka merupakan murid dari para sahabat Nabi. Ya, merekalah generasi terbaik setelah sahabat Nabi. Mereka pula para insan teladan yang memberikan teladan dalam mengarungi tantangan zaman, sejak era kejayaan Islam pada masa Khulafa Rashidin hingga pasang surut kejayaan Islam pada masa khilafah Umawiyah hingga permulaan era Daulah Abbasiyah.

Tabi’in yang pertama kali meninggal setelah Najasy adalah Zaid ibn Ma’mar bin Zaid, yaitu pada tahun 30 H, dan yang terakhir wafat ialah Khalaf bin Khulafiah, yaitu pada tahun 181 H. Insya’Allah, buku ini termasuk terjemah paling lengkap yang secara ilmiah fokus memotret profil para tabi’in. Termasuk kelebihan buku ini adalah klasifikasi berdasarkan kompetensi dan letak geografis mereka.

Yang jelas, banyak keteladanan para tabi’in yang bisa ditiru melalui buku ini, baik dalam hal kualitas keimanan, ketakwaan, keilmuan, akhlaqul karimah, kezuhudan, kewaraan, ketawadhu'an, maupun dalam ketekunan ibadah. Juga, dalam keikhlasan, kesungguhan, kesabaran, ketabahan, maupun keistiqamahan di atas kebenaran. Selamat membaca!

===============================
Untuk Pemesanan Hub.
Via SMS ke 0856 84 64 125
atau
Email ke ibnu_abuhu@yahoo.co.id

===============================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar