Kamis, 08 Juli 2010

Al-Milal Wa Al-Nihal: Aliran-Aliran Teologi Dalam Sejarah Umat Manusia


Penerbit : Bina Ilmu
Penulis : Muhammad bin Abd al-Karim al-Syahrastani
Ukuran : 27 x 19 cm
Halaman : halaman
Cover : HC

Harga : Rp. 85.000,-
(Disc. 15%)


Sinopsis :


Buku Al-Milal Wa Al-Nihal karya ulama besar, sejarawan, dan tokoh perbandingan agama abad VI H; Muhammad bin Abd al-Karim al-Syahrastani (474-548 H/1076-1153 M) banyak merekam sejarah panjang pemikiran para filosof, teolog, dan ahli hikmah termasyhur dari berbagai penjuru dunia, yang membentang luas sejak ribuan tahun silam, mulai dari para pemikir pra-Sokrates (mis. Thales, Phitagoras), Plato, Aristoteles, Porphyry, hingga Ibnu Sina dan al-Farabi; dari tradisi pemikiran kuno seperti al-Sabiah, al-Hanafiah, dan Stoic hingga aliran (sekte) Tanasukh (Reinkarnasi) dan al-Kabiliyah (pemuja spiritualisme).

Buku ini memberi wawasan luas kepada para pembaca tentang proses dialektika pemikiran dari manusia-manusia pemikir yang tidak kenal lelah dalam pencarian kebenaran dan hakikat kehidupan, tentang tema-tema besar kemanusiaan, ruh, emosi, akal, libido, ego, malaikat, nabi, dan Tuhan, yang menjadi kajian ilmu-ilmu agama (teologi), filsafat, psikologi dan spiritual. Tak dapat disangkal bahwa banyak tema yang dibahas dalam buku ini menjadi dasar pijakan berpikir manusia modern sekarang ini. Tidak mengherankan jika isu-isu modern sekarang seperti HAM, anti-kekerasan, dan gerakan spiritualisme adalah kelanjutan dari ide-ide besar dari para pemikir masa lalu.

Yang mengagumkan dari al-Syahrastani adalah kejeniusannya dalam mencerna argument-argumen filosofis dan teologis yang kompleks dan rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan kuat. Yang juga menarik adalah bahwa pemaparan sejarah pemikiran umat manusia ini selalu dikaitkan dengan teks-teks Al-Qur’an. Al-Syahrastani menggarisbawahi kecemerlangan ide-ide filosofis dan hikmah-hikmah kehidupan serta mengkritisi argumentasi rasio yang dianggap menyimpang dari aqidah Islam dengan mengutip dan mendasarkan diri dengan ayat-ayat Al-Qur’an tentang tema-tema terkait.

Buku ini telah terbukti sebagai sebuah karya klasik nan abadi, yang menawarkan kearifan dan pencerahan bagi para pembacanya. Ditambah dengan proses penerjemahannya secara utuh dari sumber aslinya yang berbahasa Arab, maka buku ini menjadi sangat layak dibaca bagi khalayak luas.

===============================
Untuk Pemesanan (Beli/ Sewa) Hub.
Via SMS ke 0856 84 64 125
atau
Email ke ibnu_abuhu@yahoo.co.id
===============================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar