Kamis, 01 Juli 2010

Abu Bakar Ash Shidiq, Sebuah Biografi, dan studi Analisis


Penerbit : Litera Antar Nusa
Penulis : Muhammad Husain Haekal
Ukuran : 16 x 25 cm
Halaman : 424 halaman
Cover : HC

Harga : Rp. 70.000,-



Sinopsis :


Sebuah biografi dan studi analisis terhadap permulaan sejarah islam sepeninggal Nabi Muhammad SAW dan kenapa ia diberi gelar AS-Sidiq???

Diterjemahkan sepenuhnya menurut buku aslinya tanpa terlalu jauh meninggalkan gaya (uslub) pengarang yang terkenal khas. Banyak pelajaran yang akan kita peroleh, bagaimana disiplin yang diajarkan nabi dipertahankan oleh para sahabat; bagaimana Abu Bakr, Umar, dan khalid sebagai jenderal yang jenius dan yang lain dapat berjaya, patuh dengan penuh disiplin kepada Nabi. Setelah Nabi wafat ke pemimpinan dipegang Abu Bakr dengan kepatuhan dan disiplin yang tetap dipertahankan, begitu indah sebagai teladan.

Studi analisis tidak hanya tentang Abu Bakr, tetapi antara lain juga mengenal khalid bin Al- Walid, ‘Amr bin Al ‘As, sekaligus dapat kita lihat Islam di barat daya masa itu.

Membaca sejarah yang ditulis Haekal ini kita seperti membaca sebuah novel, dengan analisis psiklogi tentang watak pribadi-pribadi pelaku sejarah itu.

Dengan membaca sejarah Hidup Muhammad sedilit banyak kita sudah mengenal Haekal sebagai sarjana dan sastrawan terkemuka, dia juga penulis biograpi yang teliti dan punya kesabaran mengamati sampai soal-soal yang sekecil-kecilnya. Soal pengumpulan Qur`an dibahas terinci. Tidak sekedar biografi, tetapi penulis membahas juga soal konsep Negara dan pemerintahan Islam, dengan cara dan gayanya yang menarik sekali.

Karena pengertiannya, kesetiaan dan disiplinnya yang tinggi, Abu Bakr dengan gemilang dapat meneruskan kepemimpinan Nabi dalam menjalankan tugasnya. Bagaimana perjalanan sejarah Islam jika setelah Rasulullah wafat bukan Abu Bakr yang menggantikannya? Itulah pertanyaan yang menggoda pengarang. Bagaimana jawabannya? Banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari buku ini…

===============================
Untuk Pemesanan (Beli/ Sewa) Hub.
Via SMS ke 0856 84 64 125
atau
Email ke ibnu_abuhu@yahoo.co.id
===============================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar